Saturday, June 12, 2010

ZODIAC gold tone...on the golden magic hours

Narasi :
Perjalanan pabrikan merk Zodiac mengalami pasang-surut dalam geliat bisnisnya. Diawali sejak ditangani oleh managemen keluarga. Zodiac cukup memiliki pangsa tersendiri bagi penggemar fanatiknya. Terbukti berderet penghargaan telah berhasil diraih. Semakin mengukuhkan diri masuk dalam jajaran kelas yang diperhitungkan. High presisi class dan menghasilkan karya-karya pilihan. Seperti legenda serial Astrographic ataupun model sport penampilan paritas Sea-Wolf. Ikuti runut seluk beluk di vintagezodiac.com, tentang profil perusahaan termasuk latar belakang Sejarah singkat.
Managemen internal banyak mengalami warna perubahan. Terutama sejak dirundung masalah finansial. Kurun waktu fase berjalan hingga mengalami periode bangkrut. Disebutkan, Perkembangan dasawarsa akhir diambil alih oleh pihak Tag Hueur (1990), ganti perusahaan Amrik Genender International inc (1998), lalu Fossil inc (Sept 2001) hingga merk genre baru Zodiac 1882 (April 15, 2002). Liat paparan lengkap di SINI.

spesifikasi item terlampir :
ZODIAC automatic, white dial, flat sapphire glass. Roman numerals index. Rose Gold tone with gold electroplated 20 mili micron. Tersemat tipe mesin automatic emboss pada rotor, Zodiac 104 alias ETA 2892 ~ 21 jewels. Terdengar ritme detak mesin agak cepat. Kemungkinan besar sudah kategori high beat, bisa 28.600 - 36.000 Bph. Diameter 37mm including crown ~ thickness 9mm. All original parts, kcuali crown. Sudah di ganti merk Rado (logo jangkar). Segmen rantai kliatan pudar warna emas-nya. Terlebih pada bagian folding clasp sisi dalam yang bersinggungan langsung dengan kulit. Ter-korosi oleh asam keringat si pemilik. Dan bisa di maklumi karena material clasp masih berbahan 'steel-back'.

Agak sulit runut jejak spesies jenis ini. Apakah termasuk dalam jajaran gold-line of Zodiac. Sempat saya pikir ini tipe replika karena melihat titik kecil merah pada dial(antara indek 4 &5). Identifikasi ini mengarah akibat "Red-Dot" khas seri Astrograpic. Hanya saja noktah merah-nya merupakan tipe disc moving hand, alias penunjuk detik. Belakangan baru terpahami, ini adalah New Departure pada masa transisi sebelum Zodiac di ambil alih pihak managemen baru. Genre koleksi tahun 1990-an berjuluk RED POINT COLLECTION. Berdasar referensi (www.vintagezodiac.com) ada cuplik kalimat begini .....,

The Zodiac point is a symbol of quality and a guarantee of the ultimate precision. The 1990 collection is divided into three groups, based on the idea of the point, as follows:

Red Point Collection ~ Silver Point Collection ~ Gold Point Collection

*The information in this article was from a piece of Zodiac literature Published in 1990 and supplied to me by the owner of Zodiac.

Statemen resmi di halaman utama laman www.vintagezodiac.com juga menuliskan kalimat berikut :

Per legal agreement with the current brand owners, you will find nothing here on any post 2000 Genender owned Zodiacs. Please do not post any questions or pictures on the current models which begin with ZO in the forum as they will be deleted and go unanswered.

Ini hanya sebagai deteksi dan hipotesa awal saya saja, Berdasarkan 2 rangkai penjelasan tadi bahwa serial RED POINT Collection merupakan produk transisi. Bisa jadi sebelum di ambil alih pihak Tag Heuer (1990), Terlebih ungkapan secara spesifik oleh pihak pengelola website terkait, bahwa ada perjanjian resmi dengan pemilik merk Zodiac terakhir untuk TIDAK mencantumkan, memposting pertanyaan maupun foto yang berkaitan dengan spesies Zodiac generasi pemilik atas nama korporasi Genendar tahun 2000-an. Tidak jelas disebutkan alasan apa yang melatar-belakangi hingga tercetus ungkapan tadi. Apakah terkait estapet sederet permasalahan internal saat peralihan kuasa kepemilikan atas BRAND bersangkutan. Who knows?

Well, next question...,
jadi simpul sementara apakah si RED POINT milik saya ini adalah produk transisi yang dimaksudkan?. Produk Zodiac kerap dikatakan sebagai amrik dan Eropa domestik market. Nilai pangsa ini yang kemudian di lirik oleh pihak Genendar untuk melanjutkan nama besar Zodiac. Alasan komersil atas alibi pangsa potensial secara bisnis. Bisa jadi begitu. Bahkan 'taste' America ini gak bisa begitu saja dipungkiri. Liat saja grafir frontal pada clasp yang sepuhan emas-nya mulai luntur (foto urutan ke-3). Champion ~ Stainless Back ~ USA. Poin penting Zodiac jenis ini klasifikasi DISCONTINUE MODEL.

Finally, Gold tone... on the golden magic hours, ungkit judul atas tadi. Sebenarnya bukan mengarah pada filosofi apapun! Saya hanya memanfaatkan momentum timing sesi pemotretan saja. Matahari hangat, selepas terbit, pilihan waktu yang sering di istilahkan dengan Golden hours atau Magic hours. Sekedar melatih kenal karakter pencahayaan. Adapun sinergi asosiasi tema aura warna. Bukan unsur kesengajaan, Zodiac ini kebetulan saja lapisan emas.

Hmmm...., klo di ibaratkan tokoh sepuh.. aktris cakep yang sudah berumur... renta tapi masih simpan aura kecantikan-nya. saya lebih cenderung pilih si pirang...GOLDie Hawn.












the inner beauty...,







Ngelantur dikit yuk.....,
Ternyata diamati lebih jauh ada sedikit kesamaan (similarity) antara Zodiac seri Red Point collection dengan mbah nyai Goldie Hawn. Pertama punya warna ke-emasan. Konon nama Goldie Hawn, asal bahasa Hebrew, bermakna Kesuksesan. ..(Raise in english) identik dengan warna ke-emas-an yang terpancarkan saat mentari terbit. Raising star (tanjakan karir) dari perjalanan hidup seorang bintang stok Hollywood.
Kedua, sama memiliki Noktah. Cuma beda warna. Zodiac Red point miliki khas titik merah diantara indeks hours angka 4 & 5. Nah! si embah Goldie punya BLACK point, alias "Tai Lalat" nangkring persis di sudut bibir atas sebelah Kanan. Tipikal ceriwis menurut primbon Kejawen.



Ditimpa cahaya pagi.. golden hours, kian bikin arloji genre 90-an ini kinclong. Kalo-pun bermasalah dengan penampilan bracelet yang sudah pudar warna emas, Rasanya cukup menarik bila diganti dengan leather strap, tali kulit warna-2 brownish.


ini stok foto silam masa belia si Goldie Hawn. Tampilan yang benar-2 strategis dan sangat identik dengan figur nama yang di sandang. Fotografer pintar pilih latar belakang. Ironisnya seperti mengungkap tentang masa "ke-EMAS-an" yang sudah terlewati.
si Pirang.... blondie call as Goldie!!!!


Ups! ini tampilan eyang putri Goldie Hawn di usia senja-nya.
udah mulai peot binti keriput, Konon banyak anggapan melting skin si embah ini akibat efek gonta-ganti strap kulit...Eh! maksudnya dampak gemar operasi kulit.
ini poto diambil dari nara sumber produk kecantikan, klo gak percaya liat sendiri di www.celebritieswithoutmakeup.com

mending zodiac ini... meski renta tetap menawan bersanding kulit generik

1 comment:

  1. personal question to Goldie Hawn..., si mbah putri cantik ini punya gak heirloom... zodiac watch khusus seri GoLd Point Collection????

    ReplyDelete