Wednesday, June 2, 2010

FS : Omega Deville - pocket watch

si Devil ~ "HANTU" ini tampil lebih cakep... back casing berupa pressed-plate. Agak beda dengan model standar penutup jam saku. Umumnya berupa model Bivalva ~ kerang dengan 2 katup cangkang. Wajar klo tampak samping kelihatan lebih tipis. Hand wound 17 jewels. Acrilic glass. Ritme beat movement terdengar agak cepat. Mungkin sudah adopsi 28.600 bph. Diameter 64mm. Minimalist... hands kurus, tetap klasik dengan aura sepuh emas berkadar 20 mili mikron. Circa produk estimasi era 70-an.

kaliber mesin movement 1036 seperti tera angka kecil di bundaran mungil pd bagian mesin.


Rp. 3.500.000,- (incld ongkir)









detil mesin... cal 1035


NOTABENE :
Si Devil ini belakangan ini ngadat jalan-nya. Ada gejala kinerja putaran jarum menunjukkan performa gerak tidak seperti biasa. Pada putaran tertentu... jarum detik kerap loncat. Agak sulit mendeteksi ada kerusakan di bagian apa. Dari sekian tempuh upaya akhirnya ketahuan gejala "part" sebagai penyebab utama. Ternyata ada sedikit aus pada as gir penopang utama jarum detik. Lebih detil perhatikan segmen foto dibawah...,

pada lingkaran merah adalah part movement yg dimaksud

rangkaian trouble shooting...,
as gir penopang jarum detik...,

zooming by camera...

closer...,
Hasilnya, memang jadi dilematis untuk mengembalikan fungsi normal si jarum detik. pertama kondisi gir sudah tidak bisa mengikuti putaran rangkaian gir yang lain, mengakibatkan kinerja detik yang tidak normal, dan poros jarum sudah tidak mampu lagi terpasang tepat di ujung as. Kalau-pun terpasang akan berakibat putaran gir yang lain menjadi macet. Untuk mendapatkan spare-part sudah tentu sulit. Akhirnya, disepakati si Devil ini tanpil tanpa jarum detik. non sekon..., terlihat lebih simpel dan minimalis. Dan terpenting gerakan mesin menjadi normal seperti sediakala.


No comments:

Post a Comment