Sunday, July 24, 2011

FS : Orient Multi Calender (Vintage)

Sekilas,
versi terbaru Orient dengan seri sama, tampil lebih tipis. tetap dengan performa lebar. Kolom Bulan terdapat di bagian atas dan Kolom tanggal di bagian bawah. Ring capped dilampiri angka yang merujuk satuan derajat ala pembacaan sudut bearing kompas. Non indeks hours marker. Imbuh, fixed ring dalem dengan satuan per-5 detik dan format 3 warna beda di rujuk antara angka jam 12 sampe jam 3. Dan window versi single menunjuk DATE di indek jam 3.

Lalu Gimana versi silam dari paritas multi Calender?
Ternyata sangat simpel. Casing agak cushion tapi rada agak tipis akibat penempatan porsi Dial yang agak dominan.
Hanya terdapat tulisan "hanya" ORIENT, underline 21 jewels. non logo seperti versi terbarunya. jendela intip di angka 3 adalah porsi DAY-DATE. Juga, Non indeks hour marker... tapi seperti arloji tipe bahula, tersemat ala bungkul indek berupa bundaran dengan variasi irisan. Dan setelah dicermati... kolom Multi Calender-nya sangat beda. Pembalikan dari versi baru-nya. Kalau tipe sekarang pake crystal glass... tipe lawas pake kaca mika (akrilik glass). Dilirik tipe hands juga tampil kaku ala balok. Dan lebih mudah terdeteksi adalah duo-warna pada dial yang dijuluki sun-burst. Linier... kuning tengah menyebar ke hijau.

Temuan lain di hari yang lain. Sejauh ini, ada beberapa kekurangan/MINUS yang terpantau.
  • sudut mika retak di indek hour 7 & 8, kaca berupa akrilik glass / mika.
  • press-button di indeks hour 2 adalah pengalih DAY di jendela intip indeks hour 3. tidak lagi berfungsi.
  • Crown tengah bukan versi original.
  • Crown bawah adalah fitur pemutar wheel penunjuk multi calender. Setelah ditilik lebih jauh ternyata hanya berlaku untuk kisaran taon 1971 sampe 2015. Agak seret untuk diputar.
Kesimpulannya, Orient gaek ini bakal "afkir" sajian akurasi info multi calender-nya sampe 3 taon lagi. Sistim almanak yang dibatasi.... sejalan iring waktu. Dijual dalam kondisi apa adanya. Sisi lebihnya, Kinerja mesin masih handal... running well.

harga : Rp 625.000,- (include kosrim)








No comments:

Post a Comment