Sunday, October 30, 2011

Citizen Independent ---> SOLD OUT

Deskripsi :
Citizen DIGI-ANA. seri 1481010 INDEPENDENT. Secara fisik casing menyerupai bentuk Hexagonal. Diperkuat dengan aksen sub partitur dial, keseluruhan membentuk pola-pola segi 6. Agak susah merunut jejak referensi yang berkenaan dengan spesies ini. Pertama, sangat beda jauh dengan tampilan Citizen Independent ( tipe Retro ) berciri khas model kotak, populer di juluki "Square 1980", terutama yang berfitur Temperatur.
Kedua, alasan tentu saja bentuk casing, gak lagi total rectangular... tapi lebih tolerir pada performa bentuk yang lain.
Sejauh prediksi sementara, kemungkinan tipe ini adalah peralihan model dari genre 80 ke 90-an. Pilihan FONT, tulisan Citizen bagian atas casing masih menganut tipe standar "Times New Roman" , Ditambah pusher yang berfungsi sebagai fitur lampu. bergambar ikon pendar bohlam. Agak ... katrok.. jadul bin tuwir!!! tapi bisa jadi disitu letak keunikannya.

Sisi Lain, berdasar back case, terdapat kode tertentu yang seperti mengadopsi sistimatik kode circa product ala pabrikan Seiko. 8N0601. Apakah merujuk informasi periode waktu produksi barang? entahlah, bisa jadi begitu, artinya akan merujuk November 1988 atau 1998. Tentu butuh konfirmasi dan lacak data lebih lanjut. Terutama kisaran tahun berapa kaliber mesin yang tersemat didalam arloji ini diciptakan.

Ciri spesifik lain yang jadi poin pencerah. Tentu saja pada bilihan black coating. (PVD coating). Sebab, pada alih model Citizen independent generasi terbaru, taon 2000an. Banyak menampilkan performa warna-2 gelap ala PVD coating. Bentuk kian minimalis dan cenderung lebih bergaya futuristik. Dan mulai jarang padu-padan tampilan paras dial analog & digital.
Dan yang perlu dibedakan, tipe Independent adalah kategori pangsa dalam negeri Jepang, alias JDM (Japan Domestik Market).

Last but not least, Kondisi arloji ini terbilang sangat baik. Tanpa goresan yang berarti. Hummm..... ReTROrika horology!!!!


SOLD OUT




kode 8N0601 yang ditengarai mirip sistimatik circa product ala Seiko







sedikit referensi model terakhir dari beberapa paritas produk Citizen Independent
seri terakhir.. latest model.


yang ini masih padu padan tehnologi ana-digi tetapi dengan performa yang beda.
indeks hour digital...dan padu jarum penunjuk analog.

No comments:

Post a Comment