Sunday, July 18, 2010

Feiko DIVER.... 3mix model

Bedah kasus,
Tadi pagi saya kedatangan tamu. Menyodorkan sebuah Seiko dengan penampilan rada aneh. Terutama warna bezel pepsi yang terlampau ngejreng. Norak, rada silau untuk kategori eye-catching. Merah warna borok... bersanding biru opsi ultra marine seolah celup wantex. Makin di telusuri lebih detil kian kentara level janggal-nya. Finishing casing gak sempurna seperti pakem seiko. Dial kusam. Huruf terpatri dengan warna seadanya. Jangan lagi bahas tipe Bracelet, sangat tidak representatif arloji Diver. Ntar bisa di ikuti via penjelasan per-gambar.

Hasil penelusuran data di internet. Kian menguak kebenaran atas status PALSU-nya. Bahwa spesies ini sengaja menggabungkan 2 model seiko. Sekilas model depan, dial jiplak ala SKX-009. Begitu liat casing bokong, makin kentara janggalnya. Tergrafir kode 7S26-7039. Kode kaliber mesin automatic 7S26 persis SKX-009. Tapi kode tipe model 7039 sangat gak sinkron dengan SKX-009. Tipe SKX-009 biasa terpatri kode 7S26-0020.
Lalu 7039 ini mengacu model apa? seperti biasa, kinerja mesin pencari (search engine google) kian tunjukkan akurasi lacak kanal. Terungkap di blog via posting rekan kronometrofilia. inisial Nikidasi. Link liat SINI.
Artinya, 7039 merujuk kode model seiko diver yang lain, namun punya kode mesin otomatik tipe 7002. Tipe peralihan sekaligus produksi singkat antara 1995-1996. Tepat semenjak Seiko resmi keluarkan mesin yang oleh banyak kalangan disebut sebagai kaliber sejuta umat. 7S26 dengan 21 jewels.

Well,
setidaknya jadi pelajaran bongkar kasus kali ini. Produsen si tukang contek masih punya naluri untuk tidak jiplak 100% karya Seiko original. Seperti kaidah resmi para produsen yang di beri keluasaan meniru, asal tetap bubuhkan 7 ciri pembeda dari tipe ASLI. Jadi bukan asal njiplak semau-nya! BTW, kaidah jiplak tapi dgn syarat tertentu tadi saya dapat dengar dari "bocoran" sobat lama. Yang kebetulan berprofesi sebagai designer. Bedah pola berbagai produk untuk kemudian berkreasi temuan baru.
Berpegang prinsip & kaidah 7 pembeda itu, mari kita liat dengan seksama melalui image dibawah ini. Biar lain kali gak mudah "kelilipan" Feiko, Terlebih kian ingin masuk dalam jajaran kelompok SeikoHolic. Learning by Watching....,



purna rupa si Feiko...


warna bezel yang tipis seronok gak rata....,


indek hour posisi 12 sudut kurang tegas patahan-nya
agak slim... gak mirip dial SKX-009


indeks hour posisi angka 6 & 9 juga aneh!
bubuh radium tampak belepotan dan gak rapi..seperti asal tuang
liat pada indek hour angka 5!
terlebih gak pernah ada cantuman tulisan 21 Jewels di seiko diver!!!



Rigging Ring bezel tepi samping garapan kurang halus...
Crown bukan tipe screw down!!!!
Rotating bezel per-60 clicks



ini dia! kode movement dan kode model yang asal pasang.
Logo tsunami kurang timbul dan tegas cetakan-nya.
Grafir huruf agak melebar... kurang jeglong!!!



Terakhir, langkah paling akurat adalah intip jeroan mesin.
Gamblang tersemat mesin MIYOTA!




Gilir kini amati lebih seksama model SKX-009
tipe originalnya.....,


kini amati model resmi seiko diver 7002-7039
mudahan rekan Mr. NIKIDASI berkenan dipnjem fotonya (permisi)


But WAIT!!!!!
semakin saya amati jadi inget Seiko yang lain.
Ternyata si Feiko tadi lebih mirip punya saya (status SOLD)
terutama pada jarum detik-nya, sangat persis dengan tipe SKX-033J
baik penempatan huruf sekalipun di ubah tata letak dan beda
indeks hour posisi 6 & 9 yang hanya model balok!!
inilah SEIKO SUBMARINE.....,
bukan tipe DIVER, Uh legaaaa.....,


Terdapat banyak sekali hal rancu dari FEIKO ini, lebih dari 7 kaidah poin perbedaan. Paling mencolok adalah :
  1. Pepsi bezel lain dari ke-3 pakem asli. Liat pada bentuk segitiga 0 derajat. Angka indek 1 pada bezel juga beda dengan ke-3 bezel yang asli. Mestinya POLOS tanpa tambahan garis strip di atasnya.
  2. Indek angka 12-6-9 pada dial serba nyeleneh. Adopsi SKX-009 dengan penyertaan srtip di ujung indek hours. Sekaligus ambil model SKX-033J, tapi gak total model balok pada indek 6 & 9.
  3. Inner ring chapter tunjukkan segmen 'strip' pola sama. Tipe original selalu membedakan tipis-tebal setiap selang indek per-5 menit.
  4. Paling kentara adalah kode casing bokong tadi. Gabungkan 2 tipe model seiko diver 7002-7039 dan model SKX033J (7S26-0040). Apalagi MESIN!!! pasang miyota, padahal sudah banyak bredar movement jiplakan, 7S26 tipe palsu. Agak ribet, apakah mau di bilang franken karena Feiko ini menggunakan mesin MIYOTA yang asli jepang.
  5. SKX033J yang dikenal sebagai Seiko Submarine posisi crown sejajar indek hour 3. Bukan tipe diver. Hanya dikatakan sebagai jenis arloji Sport "Diver-looks". FEIKO ini posisi crown ada diposisi angka 4, pakem khas Seiko Diver. Anehnya lagi bukan tipe "screw down crown".
  6. Seiko Diver asli rotating bezel umumnya 120 clicks. FEIKO diver ini anut 60 per klik, seperti tipe SKX033J.
  7. SECARA keseluruhan FEIKO ini lebih dominan tiruan SKX-033J. Ada momentum hikmah menarik dari munculnya FEIKO ini. Merunut referensi, Pabrikan SEIKO hanya rilis singkat Seiko Diver 7002-7039 kurun 1995-1996. Kemudian mengenalkan movement tipe baru 7S26. Dan dikatakan SKX-033J alias Seiko Submarine adalah spesies awal yang lahir pake movement 7S26. Disebut sebagai Hommage watch. Launching karya mengenang lahirnya Rolex Submarine. Tipe edar pangsa asia adalah SKX-033K.
  8. Teruskan sendiri....
  9. Klo ada info tambahan jangan lupa share......!!!!

No comments:

Post a Comment