Friday, May 7, 2010

SICURA - vintage diver watch (SOLD)

yah! saya dapet item lain dalam jajaran arloji Diver tuwir...,
SICURA watch, dalam ejaan lafal english disebut "secure". Termasuk tipe antik circa antara tahun 60-70an. Pada masanya di kreasi sebagai jam kelas low-end. Fashion watches... modelnya banyak menjiplak beberapa model brand yang terkenal pada saat itu. Tipe yg hadir ini disebut sebagai SICURA Submarine, sudah mengalami berbagai inovasi performa. Tidak seperti spesies tahun 60-an yang menciplak tipe simpel-plek! seperti si legenda Rolex-Submarine. Dan justru tipe 'sederhana' itu yang di buru para kolektor arloji antik di luar negri.

tipe punya saya ini disebut Secura-submarine 2 crowns. Crown atas berfungsi hour-set, crown bawah digunakan untuk memutar inner bezel. Dilengkapi rotating bezel non clik, tentunya sebagai fitur ala manual menghitung durasi bottom-time. Cukup menarik, karena terdapat 3 strip beda warna (pada menit bezel indeks 45 sampe Nol ) . Biru-Kuning-Merah. Sudah agak luntur warna. Sejauh trek info di internet belum saya temukan apa fungsi-nya.
Sejauh ini saya masih ber-ASUMSI, kemungkinan sebagai indikator patokan umum NDL (Non Decompresion Limit) atau batasan durasi lama waktu penyelaman (bottom time). Mengingat keterbatasan tehnologi penyelaman saat itu. Sebagaimana contoh korelasi, penggunakan tabung selam era lama yang masih menggunakan keran udara (tank-valve) tipe "J". Selain durasi waktu...faktor lama aktivitas diving juga berkiblat pada konsumsi stok udara pada tabung. Era dimana belum ditemukan tolok ukur tekanan udara dan juga pengukur tekanan. Menyatu dalam presure / depth gauge. Tank valve tipe J dilengkapi tuas pengungkit...aktivasi sederhana udara cadangan dalam tabung saat tersisa 300 Psi. Jumlah 1/10 dari total 3000 Psi. So, anggap saja strip warna pada bezel brand Secura adalah teori sederhana emergency durasi penyelaman. Antisipasi kadar timbun resiko penyakit penyelaman... jelang kritis endapan partikel gas terlarut dalam tubuh penyelam. Asesoris Emergency ikonik...simpulan mudahnya.

Poin lagi, terkait sejarah. Secura dianggap memiliki keterkaitan dengan brand Breiitling, momentum 1979 saat pihak Breitling mengalami masalah penanganan manajemen internal. Pendiri pabrik Secura sekaligus seorang pilot Ernest Schneider cukup berperan penting dalam perkembangan masa depan Breitling.Sekilas review bisa intip di BLOG terkait.


Spesifikasi produk ;
Kaca berupa mineral glass/mika. 25 jewels - automatic movement cal 158 Baumgartner. shock protected. Super Water proof 400 m vacuum tested. Hand / jarum tipe pedang lebar khas gaya militer. Sekilas gagah dengan varian warna dial hitam berhias pakem ring warna coklat. Kekurangannya, Bahan bukan material steel padat, hanya steel-back...alias sepuh baja.Jadi wajar keropos karena aus jaman. Apalagi jelas disebutkan Secura adalah tipe low-end pada jamannya.


Suitable for who interest Restoration project
Just trouble on set of power-reserve... need repaired & advance service.


SOLD OUT






No comments:

Post a Comment