Sunday, April 12, 2009

West End

well,
it remind me about past article that have been posted by friend. reconfirm after I said West End will NEVER END. Now this item arise on this blog. as new comer.... shining thru image by image.
spesifikasi : black dial with tera : West End watch Co.-Sowan-Prima-automatic-25 jewels-T swiss made T. diameter 39 mm with crown. thickness 11 mm. Lug size 5 cm per each side excluded size of buckle. all original part. ETA automatic movement.


SOLD OUT thanks Jakarta









sumbangsih artikel dari Rekan Mailist :

West End memang west never end, he..he.he.. Dulu banyak dicari terutama yang jarum kobra, abis itu hilang dari peredaran, muncul lagi, he..he.he..

Setau saya, jika kurang tolong ditambahkan, wet end ini :

1. Mesin generic, ETA.

2. Ada keunikan kalau tidak boleh dibilang kejanggalan, untuk tipe2 yang non day-date atau non date, sebenernya di mesinnya ada tempat untuk memasang fasilitas tanggal, tapi nampaknya sengaja tidak dipasang oleh perakitnya. Alhasil utk yg non date, kalo puter jamnya kenop musti ditarik dua kali, he.he.he..

3. Tipikal mesin ETA-nya kok mirip2 beberapa merk terkenal, ada tanda tanya besar dalam hati, apa ini mesin sengaja dipasang u/ testing oleh ETA sebelum dipasang ke merk-merk yang punya nama ?

4. Beberapa ada yang dimodified jadi lebih fungky dengan dial warna merah ngejreng, ungu, hijau muda bahkan orange, dengan kualitas redone kaya pabrikan (susah dibedain itu plat ori atau redone, he..he.he. Yang pake purnawirawan ex bintang-bintang lagi wah… Memang jadi Nampak unik dan menarik, liat pemakainya terus lihat jamnya yang ngalain anak muda, he..he..he..

Btw, west end punya penggemar tersendiri lebih karena histori dari cara mendapatkannya, terutama dikalangan pensiunan. Collectible atau tidak, tergantung masing-masing, setau saya sih belon ada yang nembus menjulang, he.he.he..

Dulu saya sempat bertanya2, apa ya kehebatan dari jam-jam west end ? Terlebih lagi ada yang tidak menggunakan jewel, tetapi dari besi yang dibuat lekukan mirip. Sehingga kalo tukang servis tidak hati-hati bisa buat pergerakannya jadi terhambat.

Saya juga heran bin aneh, ada beberapa petinggi militer yang ngincer jam-jam tersebut dari seniornya, padahal di pasaran juga cukup banyak dan masih ada tutima atau kienzle yang kualitasnya lebih baik. Weleh..weleh… Memang unik, he..he.he.

Jam-nya bagus pak, soal servis sih gak susah, sparepart mustinya masih banyak ya, minimal masih bisa dicariin tuh.

Kecuali kalo dalem piringan dah haus ya, musti dicariin yang msh ada cap sowar-nya, karena itu tidak pake jewel. Atau kalo mau diganti dengan yang jewel juga ada, Cuma jadi 25 jewel, harga ganti gelondongan gitu sekitar 250-300-an, krn ada teman September kemarin nekat ganti.

Kalau di kalangan pedagang jam, jarang yang manu terima yang gak pake jewel, mungkin tidak begitu tahan lama atau resale value kurang.

Rgds, Annanta


No comments:

Post a Comment